Membangun HTPC Murah 2016

Melanjutkan posting saya Disini yang mengulas tentang HTPC murah yang dapat dibeli di 2015, maka saya pun membuat artikel baru mengenai HTPC murah di 2016.

Pada artikel tahun 2015, terdapat beberapa komponen yang ternyata sudah tidak dijual kembali seperti casing cooler master mini. Sayangnya, tidak ada casing sejenis dia yang harganya reasonable seperti cooler master mini ini, sehingga kita perlu mempersiapkan budget lebih jika ingin membeli casing HTPC dengan kualitas bagus (dengan merk silverstone) atau membeli produk lokal seperti simbadda atau enlight..

Berikut adalah spesifikasi HTPC terbaik & termurah di 2016 menurut saya.


Spesifikasi HTPC per 24 Januari 2016



Berdasarkan spesifikasi diatas, kita akan mendapatkan HTPC dengan harga 4.155.000 rupiah dengan kapabilitas upgrade HDD dan RAM yang sangat terbuka jika diperlukan di kemudian hari. 

Berikut ulasan masing-masing item yang saya cantumkan diatas:
1. Motherboard Biostar N3150NH + Corsair SO-DIMM DDR3 4 GB
Motherboard ini diluncurkan oleh Biostar di akhir 2015 dengan spesifikasi seperti dibawah:

Motherboard ini memiliki 2 SATA3 port yang membuka lebar peluang kita untuk menambahkan HDD jika diperlukan dikemudian hari, lalu tersedianya slot PCIE memungkinkan kita untuk menambahkan sound card third party untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih maksimal, didukung oleh slot RAM SO-DIMM DDR3L yang memungkinkan kita untuk menambah kapasitas RAM hingga 16 GB, motherboard ini memiliki potensi yang besar untuk digunakan sebagai HTPC atau media server di rumah kita sekalipun.

2. HDD WDC 4TB Green
HDD ini sudah terkenal akan kestabilannya, HDD ini banyak digunakan di komputer2 pribadi bahkan NAS kelas enterprise sekalipun. Dengan harga mendekati 2 Juta Rupiah, kita akan mendapatkan HDD WDC Green berkapasitas 4 Terabyte yang lebih dari cukup untuk menyimpan data2 kita. Atau jika ingin lebih aman, anda dapat menambahkan 1 buah HDD WDC 4 TB lagi dan mengaplikasikan RAID 1 kepada keduanya, hingga keamanan data lebih terjaga.


3. Casing Enlight EN-110
Casing ini cukup baik untuk digunakan sebagai HTPC, ada baiknya anda mengganti power supplynya dengan tipe SFX aftermarket agar kondisi hardware anda terjaga. 

4. Keyboard & Mouse Logitech Wireless MK220
Keyboard dan mouser wireless sengaja saya pilihkan untuk memudahkan kontrol anda kepada HTPC anda. Dengan keyboard dan mouser wireless, anda dapat dengan mudah mengontrol HTPC anda, bahkan ketika sedang berbaring di tempat tidur sekalipun.

Berikut rekomendasi saya, semoga membantu anda dalam membangun HTPC :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello, this blog was originated for sharing and keeping all my finding about IT, Cities I traveled, and other, in line with my life motto "Make yourself usefull". BTW, Sorry for my English :)

0 komentar:

Posting Komentar